Partisipasi Opsih Gepang

Partisipasi Opsih Gepang


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Operasi gabungan antara Balai besar taman nasional gede pangrango , Kesatuan Marinir , Lentera , Jungle ghost dan teman-teman ini bersifat tertutup dan sukses dilaksanakan. Operasi bersih gunung yang berada pada area balai taman nasional gede pangrango ini didasari akan keprihatinan kotornya gunung gede berikut jalur pendakian, dan sebagai wujud bakti sosial nyata dari Marinir dalam rangka perayaan HUT Pasmar 2 yang ke sebelas.

Sebagai salah satu taman nasional primadona bagi para pendaki indonesia dan wisatawan indonesia, kondisi sampah di gunung gede memang cukup disayangkan, hal ini disebabkan masih kurangnya kesadaran para wisatawan yang mengaku sebagai Pendaki indonesia malah tidak menjaga alam dengan hal sederhana seperti membawa kembali sampah masing-masing.

Sebagai upaya penaggulangan pihak taman nasional sudah melakukan berkali-kali operasi pembersihan baik yang dilakukan sendiri atau bersama komunitas pencinta alam, berbagai hal lain juga dilakukan mulai dari pencegahan dan penerapan aturan-aturan bagi para pendaki atau pengunjung yang berwisata.

Namun kembali lagi pada kesadaran pengunjung atau wisatawan yang sering mengaku pendaki sampai kapan gunung akan terus dikotori ? sampai kapan komunitas-komunitas pencinta alam dan orang-orang yang sadar akan kebersihan terus mati-matian berjuang hanya untuk sampah kalian yang kalian tinggalkan. ?

Persiapan opsih taman nasional gede pangrango
Opsih atau operasi bersih sering dilakukan diberbagai gunung baik yang berada dalam kawasan taman nasional ataupun yang tidak berada dalam kawasan, kegiatan ini sangat bermanfaat baik untuk lingkungan atau bagi peserta sendiri, Sejauh ini banyak komunitas dan relawan aktif untuk opsih gunung  baik yang secara mandiri atau organisasi atau gabungan organisasi , dengan target 1 banding dua ( atau dua pendaki 1 karung sampah )

Belakangan juga muncul oknum-oknum yang sebenar nya penyelengara opentrip atau penjual paket tour climbing pendakian gunung namun dikemas seolah-olah mau mengadakan opsih, kami pernah memonitor salah satu acara opsih palsu atau opentrip berkedok yang peserta nya hampir 100 orang namun sampah yang diturunkan cuma 1 trashbag mini ukuran 80cm… Sampah pribadi dari seratus orang saja harus nya lebih dari itu….

Himbauan untuk teman-teman yang punya niat tulus dan ikut opsih gunung, pastikan kalian ikut opsih yang diselenggarakan oleh lembaga kredibel seperti pihak taman nasional atau institusi pemerintah seperti TNI/POLRI atau organisasi yang jelas.

Terimakasih kawan-kawanku dari Jungle ghost, Lentera indonesia, GPO, Montana, Teamnas
Dan super spektakuler untuk 200 Prajurit Marinir
Alhamdulilah 250 Karung bisa turun.


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});